Tips Memilih Musik Yang Cocok Sambil Belajar

Musik merupakan salah satu cara untuk memudahkan proses pembelajaran kalian. Dengan musik ini, kalian bisa menjadi lebih termotivasi, lebih mood, dan lebih fokus.

Kegiatan belajar mengajar biasanya identik dengan suasana yang sepi tanpa gangguan. Hal ini dikarenakan orang akan lebih mudah fokus untuk menyerap materi ketika suasana tenang.

Namun suasana tenang ini dapat mengakibatkan rasa bosan dan malah mendatangkan rasa kantuk. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk mensiasati kedua hal tersebut, dengan cara menemukan musik yang tepat untuk menemani belajar.

Bagi beberapa orang, mendengarkan musik bisa membantu dalam meningkatkan konsentrasi. Namun, kesalahan terbesar didalam pemilihan lagu dapat membuat konsentrasi menjadi buyar. Rencana mau fokus belajar malah jadi gak konsen deh!

Hal ini didukung oleh sebuah studi psikologi di Inggris oleh Dr. Emma Gray. Penelitian itu bilang kalau kita mendengarkan genre musik yang tepat, musik akan benar-benar bisa meningkatkan kemampuan otak dalam belajar.

“Untuk mata pelajaran logika, seperti matematika, musik harus bisa menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Sementara untuk mata pelajaran kreatif, musik harus bisa merefleksikan emosi,” papar Dr. Emma Gray.

Namun, tak semua musik bisa berfungsi dengan baik dan sama. Ada beberapa kriteria musik yang perlu menjadi bahan pertimbangan.

1.Hindari Musik Dengan Lirik Dan Musik Instrumental Yang Lambat

Hindari Musik Dengan Lirik Dan Musik Instrumental Yang Lambat

Musik apa pun yang memiliki lirik di dalam bahasa yang kalian mengertua akan terbukti lebih mengganggu dibandingkan membantu. Kalian bisa menjadi lebih fokus ke lirik tersebut dibandingkan dengan apa yang kalian pelajari.

Penelitian yang ada biasanya berfokus apda musik klasik. Namun jika kalian tidak menikmati genre ini, kalian juga bisa mempertimbangkan genre elektronik lembut, space, atau ambient. Ini merupakan jenis yang mungkin kalian dengar di spa atau saat dipijat.

Pilihlah musik dengan irama yang pelan dan harmonis. Jangan mendengarkan musik berirama kencang seperti music rock. Meskipun kamu menyukai genre tersebut, namun jika sedang mengerjakan soal berhitung sambil mendengarkan lagu kencang dijamin deh bakal tambah pusing.

Dengarkan suara-suara yang berunsur alam, seperti suara desiran ombak, suara hujan dan lainnya. Meskipun ini bukan termasuk kedalam golongan musik, namun suara alam bisa membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

2.Hindari Musik Yang Mengejutkan Atau Eksperimental

2.Hindari Musik Yang Mengejutkan Atau Eksperimental

Musik yang berubah tiba-tiba atau tidak memiliki ritme tetap dapat membuat kalian menebak – nebak tentang apa yang diharapkan. Ini dapat mengganggu otak kalian dan membuat kalian tidak fokus pada pekerjaan Anda.

Sebelum belajar, buatlah dulu playlist lagu yang akan didengarkan, jangan sampai kamu malah sibuk sendiri meng-skip lagu yang akan didengarkan. Alih-alih ingin belajar, malah ribet sendiri jadinya.

Belajar sambil mendengarkan musik harus tetap dengan volume yang rendah. Jika terlalu keras, itu bisa mengganggu proses berpikir kalian.

Jangan mendengarkan musik s volume 50%. Semakin keras volume akan mengalihkan pikiranmu, ingatlah kalau tujuan belajar sambil mendengarkan musik ini untuk meningkatkan fokusmu.

Jangan mendengarkan musik melalui radio. Karena iklan atau suara presenter akan mengganggu konsentrasi belajarmu. Kamu akan jadi teralihkan dengan konten yang ada di siaran radio tersebut.

Buat durasi untuk total lagu yang ingin didengarkan. Misalkan buat total durasi putar lagu selama 50 menit, sehingga setelah lagu habis, berarti sudah waktunya untuk beristirahat.

3.Carilah lagu yang tidak ada berkaitan dengan perasaan dan Alirkan musik bebas komersial

3.Carilah lagu yang tidak ada berkaitan dengan perasaan dan Alirkan musik bebas komersial

Mendengarkan musik yang kalian suka atau benci dapat memengaruhi kemampuan kalian untuk berkonsentrasi.

Bayangkan kalian sedang nonton teater, namun iklan kertas toilet memotong dan mengganggu kalian. Tentunya ini juga berlaku pada proses belajar kalian. Pikiran kalian jadi kacau.

Nah, itulah beberapa tips memilih musik yang tepat untuk menemani proses belajar kalian di rumah maupun di luar.

Banyak orang yang menerapkan cara ini dan mereka bisa memiliki fokus belajar yang lebih tinggi. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang mencari tips musik untuk belajar.

Posts created 10

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas