Tips Bermain Gitar Bagi Pemula

Gitar merupakan salah satu alat musik petik yang cukup populer di kalangan anak muda. Pantas saja semua orang berlomba – lomba ingin tahu bagaimana cara bermain gitar.

Banyak juga yang ingin bermain gitar hingga semahir Jimmy Hendrix. Agar kelihaiannya dalam bermain gitar diakui oleh banyak orang.

Gak heran, demi mengetahui cara bermain gitar yang baik dan benar, beberapa orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi ikut kursus dan belajar langsung dari ahlinya.

Lalu bagaimana buat kamu yang ingin tahu cara bermain gitar tapi belum pernah menyentuh gitar sama sekali sebelumnya? Buat kamu yang tak memiliki budget buat kursus, cara bermain gitar bisa dipelajari sendiri kok.

Nah, untuk kalian yang mau tahu, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips untuk bermain gitar bagi kalian yang ingin belajar.

1.Tentukan Posisi Bermain Gitar Yang Pas Dan Nyaman

Tentukan Posisi Bermain Gitar Yang Pas Dan Nyaman

Sebelum kalian mulai berlatih, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengetahui bagaimana posisi bermain dan cara memegang gitar yang benar.

Kalian bisa mencoba untuk membuat diri kalian merasa nyaman saat membawa gitar. Sebagai pemula, kalian bisa memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut.

Tahan badan gitar sambil menekan – nekan senar sembarangan. Jika kalian merasa kurang nyaman maka kalian bisa mengganti posisi gitar.

Pastikan tahapan pertama ini adalah memilih posisi yang nyaman. Karena, jika kalian tidak nyaman dengan posisi duduk kalian, maka akan membuat kalian tidak okus saat belajar cara bermain gitar.

Berikut ini langkah-langkah menentukan posisi yang nyaman:

  • Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.
  • Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V—ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.
  • Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat, untuk melatih keseimbangan.
  • Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa.

2.Pelajari Cara Tuning Atau Menyetel Senar Gitar

Pelajari Cara Tuning Atau Menyetel Senar Gitar

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, maka saatnya kamu belajar untuk menyetel senar gitar. Pasalnya, nggak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi jika baru pertama kali dibeli. Belajar tuning perlu kamu lakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu.

Belajar cara tuning senar gitar itu penting karena bisa membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat.

Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya.

Nah, untuk awalan, kamu bisa minta bantuan temanmu yang sudah mahir untuk mengajarkan bagaimana cara tuning yang tepat. Usahakan kamu hanya minta bantuannya sekali. Supaya kamu tidak ketergantungan dengan bantuannya dan mulai belajar untuk tuning senarmu sendiri.

Tips cara menyetel senar gitar.

  • Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.
  • Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu. Tapi jika kamu menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

3.Cara Memetik Gitar

Cara Memetik Gitar

Setelah kamu sudah mengenali chord-nya, kamu bisa mulai untuk naik level dengan belajar memetik gitar. Cara bermain gitar untuk pemula pertama yang harus dipelajari adalah kamu harus hafal penempatan jari pada setiap senar. Pada tahap ini kamu belajar menggunakan 5 jari.

Cobalah mulai dengan meletakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4.

Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Dengan cara ini, pelan-pelan kamu bisa lebih mudah untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar. Yang terpenting adalah hafal di mana letak atau posisi jari kamu pada senar.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika kamu memainkan kunci A, maka kamu hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

Nah, itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin belajar gitar. Semoga bermanfaat.

Posts created 10

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas