Alat Musik Modern Yang Dibutuhkan Untuk Ngeband

Musik sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan seiring berjalannya waktu sudah menjadi salah satu cabang seni.

Alat – alat musik juga berawal dari benda – benda paling sederhana seperti tangan, kaki, kayu, dan batu. Dari benda – benda itu berkembang menjadi alat – alat musik perkusi yang sederhana.

Seiring dengan perkebangan zaman, alat – alat musik yang awalnya dibuat dengan sederhana dan serba manual kini telah hadir dengan beragam inovasi alat – alat musik modern yang lebih bervariasi.

Nah, untuk kalian yang mungkin saat ini ingin membuat band sendiri, kalian bisa memulainya dengan membeli beberapa alat musik. Di bawah ini, kami berikan aftar alat musik yang kalian butuhkan.

1.Gitar Akustik, Elektrik, dan Bass

Gitar Akustik, Elektrik, dan Bass

Umumnya, gitar terbuat dari kayu dengan beberapa bagian terbuat dari logam atau metal. Senar-senar yang berjumlah enam dikaitkan pada pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Bagian pegs ini juga berguna untuk tuning.

Gitar akustik merupakan satu jenis jenis gitar, memiliki bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan suara yang relatif cukup keras tanpa penguatan elektrik.

Bunyi dihasilkan dari getaran yang mengalir antara tulang leher (nut) dan jembatan (bridge) yang kemudian diperkuat oleh bagian badan gitar yang berperan sebagai lubang resonansi.

Dalam jenis gitar akustik ini, terdapat beberapa kategori gitar lagi yang memiliki karakter suara yang berbeda-beda, di antaranya:

  • Gitar senar-nilon, termasuk gitar klasik dan gitar flamenco
  • Gitar senar-baja, termasuk gitar puncak-datar dan gitar folk
  • Gitar archtop
  • Gitar duabelas-senar

Berbeda dengan gitar akustik, gitar elektrik atau gitar listrik dirancang agar bunyi yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik. Jika dimainkan tanpa penguatan tersebut, maka gitar elektrik akan menghasilkan suara yang relatif lemah.

Komponen utama yang berperan pada gitar elektrik adalah pick up. Mekanismenya, pick up tang terletak pada badan gitar ini menangkap dan mengubah getaran senar ke dalam bentuk sinyal yang selanjutnya diteruskan ke pengeras suara melalui medium kabel atau gelombang radio.

Suara yang dihasilkan pada gitar elektrik biasanya dimanipulasi sedemikian rupa menggunakan alat distorsi gitar tambahan atau distorsi alami dari tabung vakum di dalam pengeras suara.

Gitar bass elektrik (disebut juga gitar bass, bass elektrik, atau bass) merupakan jenis alat musik dawai seperti gitar. Namun pada umumnya, gitar bass memiliki leher yang lebih panjang dan cuma memiliki empat senar yang lebih tebal untuk menjaga kerendahan bunyi.

Bobot dari gitar bass sendiri juga lebih berat dibandingkan gitar elektrik karena selain memiliki senar yang tebal, badan gitar bass juga harus menggunakan bahas kayu yang lebih padat dan keras untuk mengimbangi leher gitar yang lebih panjang.

2.Drum Kit

Drum Kit

Pada awalnya, drum merupakan kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah alat pemukul.

Dalam perkembangannya, drum juga mulai dibuat dari bahan lain seperti plastik, sebagai pengganti kulit. Alat-alat musik yang termasuk dalam kelompok drum ini misalnya: kendang, timpani, dan tom tom.

Dalam era musik modern seperti sekarang ini, pengertian drum lebih mengacu pada drum kit atau drum set yang berupa alat musik pukul yang merupakan kumpulan alat-alat musik perkusi yang secara sederhana terdiri dari: snare drum, bass drum, tom tom, dan simbal.

Dalam permainan musik, bisa dibilang drum merupakan jantungnya musik karena perannya sebagai pengatur tempo.

Beberapa drummer (pemain drum) kadang juga menambahkan perangkat tambahan lain seperti roto tom, jam-block, octoban, conga, cowbell, dan macam-macam perkusi lain untuk memperkaya permainannya.

3.Keyboard

Keyboard

Dalam musik, keyboard adalah alat musik yang menyerupai piano. Berbeda dengan piano, keyboard tak memiliki pedal di bawahnya. Keyboard juga memiliki bentuk yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Keyboard dimainkan menggunakan sepuluh jari dengan menekan tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkan. Kord untuk mengiringi lagu umumnya berada di bagian kiri dan dimainkan dengan jari-jari tangan kiri, sementara tangan kanan untuk memainkan melodi di sebelah kanan.

Keyboard banyak digemari dalam pertunjukan kelompok-kelompok musik modern karena keistimewaannya. Salah satunya, keyboard dapat menghasilkan beragam jenis suara instrumen musik lain seperti kastanyet, suling, bahkan suara drum.

Nah, itulah beberapa alat musik yang kalian butuhkan untuk membuat sebuah band. Semoga bermanfaat.

Posts created 10

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas